IPICS. Tekhnologi

Cisco IPICS 2.0

            Produsen perangkat keras dan lunak asal Amerika Serikat (AS), Cisco System Inc, meluncurkan produk interkoneksi canggih Cisco IP Interoperability Collaboration System (IPICS) 2.0 yang mampu menggabungkan koneksi berbagai perangkat komunikasi ke dalam satu jaringan internet.

            Dengan perangkat ini dapat digabungkan koneksi antara Pesawat telephon, Land mobile Radio, HP,Komputer dan HT.

            Solusi ini menegaskan posisi jaringan menjadi platform. Interoperabilitas antar jenis perangkat komunikasi yang berbeda kini dapat teratasi sekaligus memberikan penghematan biaya komunikasi. Hanya menggunakan satu perangkat komunikasi, kita dapat berkomunikasi tanpa dibatasi lokasi dan tipe jaringan yang dipakai

            Komunikasi menjadi kendala bagi suatu perusahaan atau lembaga kita ambil contoh insatansi Kepolisian misalnya: Seorang Kepala Polisi mendatangi suatu TKP, dimana terdapat beberapa kasus sekaligus seperti kasus laka lantas,perampokan dan pembunuhan serta penyanderaan.Kondisi disini petugas yg bertugas di lapangan ada yang menggunakan HP dan HT.Seorang kepala polisi bisa melakukan komunikasi yang efektif dan dan efisien dlm biaya,dengan menggunakan Cisco IPICS 2.0,bisa menghubungkan HT,Telephone,HPtidak hanya itu pesawat radio yg berlainan chanel dari satu pulau ke pulau lain dapat berkomunikasi.

            IPICS cocok digunakan oleh institusi yg kerap menggunakan HT untuk bekerja, seperti Tentara,Kepolisian,Paramedis,Perminyakan dan Gas,Pertambangan dan Jasa Pengamanan.

            Komponen-komponen IPICS yaitu Cisco IPICS Server Hardware, IPICS Server Software, IPICS Policy Manager, IPICS Dial Ports, Channel/Radio Ports, Virtual Talk Group (VTG) Ports. PMC (Push To Talk Management Center) dan IP Phone PTT Service. Harga satu paketnya kurang lebih 55.100 dolar amerika dan bisa di beli secara terpisah.

Pengoperasian IPICS ini diatur oleh IPICS Server yang telah diinstal dengan IPICS Software dan disambungkan dengan komputer yang terkoneksi dengan internet. Komputer tersebut akan difungsikan sebagai pengatur (dispetcher) traffic komunikasi antar pesawat seperti PSTN, Ponsel, dan HT.

Komputer tersebut dapat mengatur chanelling tiap pesawat komunikasi, tetapi tidak dapat mengatur setting frekuensi, karena setting frekuensi tersebut dilakukan di pesawat HT..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: