Exokernel

Exokernel adalah sebuah desain kernel yang di kembangkan oleh MIT parallel dan terdistribusi kelompok system operasi, dan juga merupakan system operasi yang serupa..Gagasan di balik exokernel adalah memaksa untuk sedikit abstraksi, Exokernel yang kecil sehingga fungsionalitasnya terbatas untuk memastikan perlindungan dan multi plexing sumber daya.

            Exokernels dapat dilihat sebagai aplikasi dari end-to-end prinsip untuk sitem operasi, dalam arti bahwa mereka tidak memaksa sebuah program aplikasi untuk lapisan yang abstrak di atas abstraksi lain yang di rancang dengan kebutuhan yang berbeda.Misalnya dalam proyek exokernel MIT,Cheetah server web sudah terformat Internet Protokol paket pada disk, kernel menyediakan akses yang aman ke disk dengan mencegah tidak sah membaca dan menulis,tapi bagaimana disk disarikan adalah sampai ke aplikasi atau menggunakan aplikasi perpustakaan.

            MIT mengembangkan dua exokernel berbasis system operasi, menggunakan dua kernel yaitu Aegis,suatu bukti dari konsep dengan dukungan terbatas untuk penyimpanan, dan XOK,yang menerapkan konsep exokernel lebih teliti, ini adalah jenis exokernel yang terbaru.

Sejarah

            Konsep exokernel  sudah ada sejak tahun 1994,tetapi pada tahun 2005 exokernel masih merupakan upaya penelitian dan sudah tidak di gunakan dalam system operasi komersial utama.Konsep system operasi exokernel ini di tulis oleh Universitas dari Cambridge,Universitas Glasgow,Citrix Systems, dan Swedia Institut dari Computer Science.MIT juga telah membangun beberapa system berbasis exokernel termasuk ExOS.

            Sebelum kita membahas tentang exokernel sebaiknya kita mengenal dulu apa itu kernel.Kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugas dari pada kernel                     adalah     melayani  bermacam     program        aplikasi untuk      mengakses       perangkat    keras komputer secara aman. Karena    akses      terhadap     perangkat    keras terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut. Hal tersebut dinamakan sebagai multiplexing.

Exokernel mengizinkan akses terhadap hardware secara langsung pada tingkat yang rendah: aplikasi dan abstraksi dapat melakukan request sebuah alamat memori spesifik baik itu berupa lokasi alamat physical memory dan blok di dalam hard disk. Tugas kernel hanya memastikan bahwa sumber daya yang diminta itu sedang berada dalam keadaan kosong—belum digunakan oleh yang lainnya—dan tentu saja mengizinkan aplikasi untuk mengakses sumber daya tersebut. Akses hardware pada tingkat rendah ini mengizinkan para programmer untuk mengimplementasikan sebuah abstraksi yang dikhususkan untuk sebuah aplikasi tertentu, dan tentu saja mengeluarkan sesuatu yang tidak perlu dari kernel agar membuat kernel lebih kecil, dan tentu saja meningkatkan performa.

            Exokernel biasanya menggunakan library yang di sebut dengan libOS untuk melakukan abstraksi, libOS memungkinkan para pembuat aplikasi untuk menulis abstraksi yang berada pada level yang lebih tinggi,seperti halnya abstraksi yang dilakukan pada system operasi tradisional, dengan menggunakan cara-cara yang lebih fleksibel, karena aplikasi mungkin memiliki abstraksinya masing-masing.

            Secara teori, sebuah system operasi bebasis exokernel dapat membuat system operasi yang berbeda seperti halnya Linux,UNIX,dan Windows dapat brjalan di atas sitem operasi tersebut.

Kelebihan Exokernel

            Disain exokernel masih merupakan disain eksperimental dan dalam tahap penelitian sehingga belum dipakai secara luas.Perbedaan konsep disain exokernel dengan disain kernel lainnya adalah exokernel memiliki fungsi perlindungan dan pembagian resource untuk hardware.Kelebihan exokernel adalah bisa dimasukan library system operasi lebih dari satu sehingga bisa menjalankan program-program untuk system operasi yang berbeda secara bersamaan,Contoh exokernel terdapat pad3.EXOKERNEL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: