PENYADAPAN PONSEL

Ponsel Bisa Disadap Orang Dekat
Labels: Technology, Telecommunication

Soal selidik-menyelidik, memang bukan monopoli polisi atau detektif swasta saja. Orang awam sekalipun bisa merasakan jadi penyelidik, untuk berbagai tujuan pribadi. Apalagi alat-alat canggih ala James Bond saat ini sudah banyak ditawarkan di pasaran.
Sepintas, nama-namanya cukup seram: alat penyadap pembicaraan ruangan, kamera mini, pendengar suara jarak jauh, teropong berkamera, teropong malam hari, kamera tembus pandang, dan sebagainya. Di Jakarta, barang-barang semacam itu bisa didapatkan di toko-toko elektronik, di kawasan Glodok. Atau silakan Anda melihat-lihat sejumlah toko online di internet.
Teknologi terbaru yang sedang jadi pembicaraan hangat adalah penyadap ponsel. Proses penyadapannya ternyata cukup sederhana, yaitu tinggal memasukkan software tertentu ke dalam ponsel melalui kartu memori. Hasilnya, semua SMS dan pembicaraan bisa diketahui penyadap. Ponsel juga bisa dihubungi tanpa ada nada masuk, sehingga menjadi seperti mikrofon alat penyadap yang memberikan siaran langsung segala aktivitas pemegang ponsel.
Soal melanggar hukum atau tidak, hal itu sangat bisa diperdebatkan. Tapi yang jelas, penyadapan memang hanya bisa dilakukan terhadap ponsel orang-orang terdekat, karena dibutuhkan nomor IMEI (15 digit angka identitas ponsel) dan harus memasukkan software lewat kartu memori. Dua langkah yang tentunya tidak bisa dilakukan sembarang orang.
“Pemakainya, misalnya orangtua yang ingin mengawasi anaknya agar tidak terlibat narkoba. Atau orang yang ingin tahu apakah pasangannya selingkuh atau tidak,” jelas A. Hartono, Technology Adviser PT. Mitra Mulia Persada, perusahaan yang menawarkan alat ini. Sejauh ini, menurut Hartono, “Lancar-lancar saja.”
Ponsel yang bisa disadap terutama yang menggunakan sistem operasi Symbian. Itu artinya, mayoritas ponsel yang beredar di pasaran saat ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: