VIRUS

KOMANDO PENGEMBANGAN PENDIDIKAN TNI ANGKATAN LAUT

SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI ANGKATAN LAUT

PENGETAHUAN TENTANG VIRUS

DISUSUN OLEH :

NAMA                           : SOSRA ANTONI

PANGKAT/NRP        : BRIGADIR POLISI KEPALA / 76100165

DOSEN                          : MAYOR LAUT (E) H.A.DANANG R.S.Si.MT

I.PENGERTIAN

Istilah virus Adalah program buatan manusia yang dapat memperlambat kinerja sistem, merugikan atau bahkan merusak sistem. Program ini mempunyai kemampuan untuk mengembang atau menyebar yang telah diatur di dalam program tersebut.

virus merupakan sebuah program yang dapat menginfeksi program lain dengan cara memodifikasi program tersebut untuk memasukkan sedikit (kode) penggandaan diri virus tersebut. Sebuah virus dapat menyebar ke seluruh sistm komputer atau network dengan menggunakan hak otorisasi setiap pengguna komputer untuk mengifeksi program mereka. Setiap program yang sudah terinfeksi bisa pula bertindak sebagai virus untuk memperluas daerah infeksinya”

Sebenarnya, sebuah virus sama seperti sebuah program biasa, sehingga virus tersebut akan aktif jika program virus tersebut dieksekusi. hal ini berbeda dengan worm yang bisa aktif secara otomatis.

virus dibuat untuk menginfeksi dan menulari program – program lainnya, memodifikasi, mengubah dan mamanipulasi program tersebut, bahkan sampai merusaknya.

II.MENGENAL VIRUS

Hampir semua virus komputer dibuat dan ditulis dengan tujuan yang “jahat”. Biasanya virus akan menginfeksi dan mengubah suatu program yang sudah kita install sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada data – data maupun program kita. Bahkan banyak juga virus komputer yang bisa membuat semua data di hardisk kita tidak bisa diakses lagi dan rusak total.

Virus komputer hanya menyerang bagian software dari komputer seerti OS atau operating system, file data, software aplikasi, email dsb. Tapi kabar gembiranya adalah virus hampir tidak dapat menyebabkan kerusakan pada hardware komputer kita.

virus komputer menginfeksi komputer kita dan menyebarkan dirinya dengan berbagai macam metode. Beberapa virus menyebarkan dirinya dengan menyusup ke installer program – program populer dan gamegame terkenal. Ada pula yang mengelabui pengguna komputer dengan mengunakan nama dan ikon yang menarik serta menggoda. media penyebarannya pun berbeda – beda, bisa lewat email, flashdisk, installer dll.

Jika user berhasil dikelabuhi dan menjalankan program yang telah disusupi virus komputer, maka virus tersebut akan segera menempati memori dan mencari data tentang software, program maupun file -file yang ada di komputer kita. Jika sudah menemukan program yang sesuai dengan targetnya..virus akan memodifikasi program tersebut dengan memasukkan kode – kode tertentu. Jika program yang telah diinfeksi tersebut dijalankan, maka virus akan menginfeksi program lainnya dan siklus tersebut berlangsung terus -menerus. Memang tidak semua virus komputer bekerja sama persis seperti itu. Namun kebanyakan virus mempunyai siklus yang demikian. Karena itulah kenapa virus cepat sekali berkembang di komputer

III.JENIS-JENIS VIRUS

1.    Virus Compiler, virus yang sudah di compile sehingga dapat dieksekusi langsung. virus ini yang pertama kali muncul di dunia komputer, dan mengalami perkembangan pesat sekarang. Virs pertama ini sangatlah sulit dibasmi karena dibuat dengan bahasa rendah, assembler. Memang bahasa ini cocok untuk membuat virus namun sangatlah susah menggunakannya. Keunggulan dari virus ini adalah mampu melakukan hampir seluruh manipulasi yang mana hal ini tidak selalu dapat dilakukan oleh virus jenis lain karena lebih terbatas.

2.    Virus Bagle BC, virus ini ini termasuk salah satu jenis virus yang berbahaya dan telah masuk peringkat atas jenis virus yang paling cepat mempengaruhi komputer kita. Beberapa jam sejak keluarnya virus ini, sudah terdapat 2 buah varian Bagle ( Bagle BD dan BE )yang menyebar melalui e-mail, jaringan komputer dan aplikasi P2P. Virus ini menyebar melalui e-mail dengan berbagai subyek berbeda. Menurut suatu penelitian dari Panda Software virus Bagle BC ini menyusup ke dalam e-mail dengan subyek antara lain : Re:, Re:Hello, Re:Hi, Re:Thank you, Re:Thanks. Attachment-nya juga bermacam-macam, antara lain : .com, .cpl, .exe, .scr. Virus Bagle BC juga mampu untuk menghentikan kerja program-program antivirus.

2.    Virus File, adalah virus yang memanfaatkan file yang dapat diijalankan/dieksekusi secara langsung. Biasanya file *.EXE atau *.COM. Tapi bisa juga menginfeksi file *.SYS, *.DRV, *.BIN, *.OVL dan *.OVY. Jenis Virus ini dapat berpindah dari satu media ke semua jenis media penyimpanan dan menyebar dalam sebuah jaringan.

3.    Virus Sistem, atau lebih dikenal sebagai virus Boot. Kenapa begitu karena virus ini memanfaatkan file-file yang dipakai untuk membuat suatu sistem komputer. Sering terdapat di disket/tempat penyimpanan tanpa sepengetahuan kita. Saat akan menggunakan komputer(restart), maka virus ini akan menginfeksi Master Boot Sector dan System Boot Sector jika disket yang terinfeksi ada di drive disket/tempat penyimpanan.

4.    Virus Boot Sector, virus yang memanfaatkan hubungan antar komputer dan tempat penyimpanan untuk penyebaran virus.Apabila pada boot sector terdapat suatu program yang mampu menyebarkan diri dan mampu tinggal di memory selama komputer bekerja, maka program tersebut dapat disebut virus. Virus boot sector terbagi dua yaitu virus yang menyerang disket dan virus yang menyerang disket dan tabel partisi.

5.    Virus Dropper, suatu program yang dimodifikasi untuk menginstal sebuah virus komputer yang menjadi target serangan. setelah terinstal, maka virus akan menyebar tetapi Dropper tidak ikut menyebar. Dropper bisa berupa nama file seperti Readme.exe atau melalui Command.com yang menjadi aktif ketika program berjalan. Satu program Dropper bisa terdapat beberapa jenis Virus.

6.    Virus Script/Batch, awalnya virus ini terkenal dengan nama virus batch seperti yang dulu terdapat di file batch yang ada di DOS.Virus script biasanya sering didapat dari Internet karena kelebihannya yang fleksibel dan bisa berjalan pada saat kita bermain internet, virus jenis ini biasanya menumpang pada file HTML (Hype Text Markup Language) dibuat dengan menggunakan fasilitas script seperti Javascript, VBscript,4 maupun gabungan antara script yang mengaktifkan program Active-X dari Microsoft Internet Explorer.

7.    Virus Macro, virus yang dibuat dengan memanfaatkan fasilitas pemrograman modular pada suatu program aplikasi seperti Ms Word, Ms Excel, Corel WordPerfect dan sebagainya. Walaupun virus ini terdapat didalam aplikasi tertentu tetapi bahaya yang ditimbulkan tidak kalah berbahanya dari virus-virus yang lain.

8.    Virus Polymorphic, dapat dikatakan virus cerdas karena virus dapat mengubah strukturnya setelah melaksanakan tugas sehingga sulit dideteksi oleh Antivirus.

9.    Virus Stealth, virus ini menggunakan cara cerdik, yakni dengan memodifikasi struktur file untuk meyembunyikan kode program tambahan di dalamnya. Kode ini memungkinkan virus ini dapat menyembunyika diri. Semua jenis virus lain juga memanfaatkan kode ini. Ukuran-ukuran file tidak berubah setelah virus menginfeksi file.

10.  Virus Companion, virus jenis ini mencari file *.EXE untuk membuat sebuah file *.COM dan menyalin untuk meletakkan virus. Alasannya, file *.COM berjalan sebelum file *.EXE.

11.  Worm, ini adalah sebuah program yang bersifat parasit karena dapat menduplikasi diri. Akan tetapi, worm tidak menyerupai virus karena tidak menginfeksi program komputer lainnya. Oleh karena itu, Worm tidak digolongkan ke dalam virus. Mainframe adalah jenis komputer yang sering diserang Worm. Penyebarannya pada komputer lainnya melalui jaringan. Dalam perkembangannya Worm mengalami “mutasi genetik” sehingga selain membuat suatu file baru, ia pun akan berusaha menempelkan dirinya sendiri ke suatu file, ini biasa disebut virus Hybrid.

12. Virus Hybrid, virus ini merupakan virus yang mempunyai dua kemampuan biasanya dapat masuk ke boot sector dan juga dapat masuk ke file. Salah satu contoh virus ini adalah virus Mystic yang dibuat di Indonesia.

13.  Trojan horse, disebut juga kuda troya. Trojan menginfeksi komputer melalui file yang kelihatannya tidak berbahaya dan biasanya justru tampaknya melakukan sesuatu yang berguna. Namun akhirnya virus menjadi berbahaya, misalnya melakukan format hardisk.

14.  Backdoor Alnica, virus yang juga berbahaya ini merupakan salah satu tipe virus Trojan Horse. Merupakan salah satu virus backdoor yang jika berhasil menginfeksi komputer akan mampu melakukan akses dari jarak jauh dan mengambil segala informasi yang diinginkan oleh si penyerang. Sistem operasi yang diserang oleh virus tersebut antara lain : Windows 200, Windows 95, Windows 98, Windows Me, Windows NT dan Windows XP. Virus ini berukuran sebesar 57.856 byte

15.  Trojan di Linux. Para pengguna linux Red Hat diharapkan untuk berhati-hati terhadap PATCH yang dikirm melalui e-mail dengan alamat “security@redhat.com” karena itu sebenarnya bukannya patch security tetapi virus Trojan yang bisa mengacaukan sistem keamanan. E-mail peringatan dari Red Hat biasanya selalu dikirim dari alamat “secalert@redhat.com” dan ditandatangani secara digital. Virus ini juga pernah menyerang sistem keamanan Windows tahun 2003 dengan subyek menawarkan solusi keamanan.

16Virus direct action Virus ini akan masuk ke memori untuk menjalankan file lainnya. Lalu menjalankan program lain untuk menipu.

17.  Multi Partition virus Merupakan gabungan dari virus boot sector dan virus file.

IV.CIRI-CIRI VIRUS

  1. 1. Kemampuan untuk menyembunyikan diri dan data yang dibuat
  2. 2. Kemampuan untuk memeriksa program atau file
  3. 3. Kemampuan menggandakan diri
  4. 4. Kemampuan untuk memanipulasi
  5. 5. Kemampuan mendapatkan informasi penting

V.SEJARAH VIRUS

pada mulanya..virus tercipta bersamaan dengan terciptanya komputer. Tepatnya pada tahun 1949, pencipta Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) yang juga merupakan salah seorang pencipta komputer, John Von Newman memaparkan suatu makalah hasil penemuannya. Makalah tersebut berjudul “Theory and Organization of Complicated Automata” , makalah tersebut berisi teori “self altering automata” yang merupakan hasil riset dari para ahli matematika. Dalam makalah tersebut dibahas kemungkinan program dapat menyebar dengan sendirinya.

Selanjutnya perkembangan virus komputer dilakukan pada tahun 1960 di AT&T Bell Laboratory, salah satu lab terbesar di dunia yang telah menghasilkan banyak hal seperti bahasa C++ dsb, pada tahun 1970an, sebuah program yang diklaim dapat membantu kelancaran kerja dikenalkan oleh perusahaan xerox. Struktur program tersebut menyerupai virus. Namun sebenarnya program tersebut digunakan untuk memaksimalkan waktu dengan dapat melaksanakan dua proses secara bersamaan.

Baru pada tahun 1980an, program perang berhasil menyebar keluar dari laboratorium dan menjadi terbuka di kalangan umum. Dimulai oleh pemaparan seorang peneliti sekaligus asisten profesor di ohio Universitas Cincinati, fred cohen. Dia mendemonstrasikan sebuah program hasil penemuannya, yaitu program yang mampu menyebar secara cepat ke dalam komputer secara otomatis. Karena cara kerja dan penyebarannya yang menyerupai sebuah virus, maka program tersebut akhirnya Fred Cohen menyebutnya sebagai virus.di indonesia virus pertama bernama ©Brain lebih dikenal virus Pakistan,Hal tersebut terjadi pada tahun 1988.

VI.TUJUAN PEMBUATAN VIRUS

1. Digunakan sebagai objek penelitian

2. Tidak mau kalah dengan pihak pembuat Antivirus

3. Kurangnya lapangan pekerjaan bagi Programmer otodidak.

4. Banyaknya celah keamanan pada OS maupun Program – program yang lain

5. Ingin terkenal dan dikenal

6. Mencuri dan merusak data

7. Dendam dan kecewa

9. Iseng

8. kiddies

VII.KESIMPULAN

Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa virus adalah suatu program yang di buat untuk menggangu suatu system program di computer yang mempunyai tujuan tertentu,sehingga menimbulkan resiko kerusakan yang sangat besar,sebenarnya dalam ini yang sangat di untungkan adalah si pembuat anti virus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: